
A. VISI
Visi SMAN 1 Mantup adalah sebagai berikut:
“Unggul dan Kompetitif, Peduli dan Berbudaya Lingkungan, Berakhlak
Mulia, Cerdas, dan Terampil dengan mengutamakan Iman dan Taqwa”.
Indikator Visi:
1) Unggul dalam nilai Asesmen Nasional
2) Unggul dalam jumlah lulusan yang melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi
3) Unggul dalam Kompetisi Sains Nasional maupun Internasional (KSN/I)
4) Unggul dalam lomba Karya Ilmiah Remaja (KIR)
5) Unggul dalam teknologi informasi dan komunikasi (TIK)
6) Unggul dalam keterampilan berbahasa Indonesia, bahasa Inggris, dan bahasa Arab
7) Unggul dalam kepedulian sosial
8) Unggul dalam pemahaman dan pengamalan nilai-nilai agama dan akhlak mulia
9) Unggul dalam upaya pelestarian lingkungan dan mencegah kerusakan lingkungan
10) Unggul dalam literasi Al Qur’an
Sebagai bagian dari bangsa Indonesia, visi SMAN 1 Mantup berjalan beriringan dengan
pendidikan karakter dan Profil Pelajar Pancasila yang mempunyai karakteristik:
● Beriman, bertaqwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia
● Berkebinekaan global
● Bergotong royong
● Kreatif
● Bernalar kritis
● Mandiri
Visi SMAN 1 Mantup yang sejalan dengan pendidikan karakter dan Profil Pelajar
Pancasila akan menghasilkan lulusan dengan identitas kebangsaan Indonesia dan
kemampuan akademis yang baik. Proses pencapaian visi sekolah diuraikan dalam misi
sekolah yang tercantum pada bagian berikut ini.
B. MISI
Misi adalah bagaimana strategi yang diterapkan sekolah untuk dapat mencapai
visi sekolah. Adapun misi SMAN 1 Mantup adalah sebagai berikut:
1) Menciptakan Profil Pelajar Pancasila yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME
dan berakhlak mulia melalui literasi Al Qur’an yang dilaksanakan setiap pagi sebelum
Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dimulai, sholat dhuha, sholat dhuhur berjamaah,
berdoa sebelum dan sesudah melaksanakan kegiatan dan rajin beribadah sesuai agama
dan kepercayaan masing-masing
2) Menciptakan lembaga pendidikan yang menyeluruh sehingga tercipta siswa-siswi yang
unggul dari segi akademik dan non akademik
3) Menciptakan lembaga pendidikan yang integral antara aspek kognitif, psikomotorik,
dan afektif yang dijiwai nilai-nilai agama dan nilai-nilai luhur bangsa Indonesia
4) Mengembangkan kurikulum yang berbasis lingkungan melalui pendidikan lingkungan
hidup dalam upaya kelestarikan lingkungan dan mencegah kerusakan lingkungan
5) Menciptakan lingkungan pendidikan yang bersih, asri, dan berwawasan lingkungan
sehingga terbentuk siswa-siswi yang mempunyai kepekaan dan kepedulian lingkungan
dimanapun berada
6) Menciptakan lingkungan pendidikan yang menjunjung tinggi nilai-nilai kekeluargaan
dan persaudaraan sehingga mampu membentuk siswa-siswi yang mempunyai kepekaan
sosial






